fredag 24 augusti 2012

Digital Rights Management

Pendahuluan



DRM teknologi upaya untuk mengontrol penggunaan media digital dengan mencegah akses, menyalin atau konversi ke format lain oleh pengguna akhir. Jauh sebelum kedatangan media digital atau bahkan elektronik, pemegang hak cipta, produsen konten, atau pihak lain yang berkepentingan secara finansial atau artistik memiliki keberatan bisnis dan hukum untuk menyalin teknologi. Contoh meliputi: pemain piano gulungan pada awal abad ke-20, tape rekaman audio, dan merekam video tape (misalnya "kasus Betamax" di AS). Menyalin teknologi sehingga mencontohkan teknologi mengganggu.

Munculnya media digital dan teknologi konversi analog / digital, terutama yang digunakan pada massa- pasar untuk keperluan umum komputer pribadi, telah jauh meningkat keprihatinan hak cipta tergantung individu dan organisasi, terutama dalam industri musik dan film, karena individu dan organisasi yang sebagian atau seluruhnya tergantung pada pendapatan yang dihasilkan dari karya-karya tersebut. Sementara media analog pasti kehilangan kualitas dengan setiap generasi copy, dan dalam beberapa kasus bahkan selama penggunaan normal, media digital file dapat diduplikasi jumlah yang tidak terbatas kali tanpa penurunan kualitas salinan berikutnya. Munculnya komputer pribadi sebagai peralatan rumah tangga telah membuatnya menjadi mudah bagi konsumen untuk mengkonversi media (yang mungkin atau tidak mungkin dilindungi hak cipta) awalnya dalam bentuk fisik / analog atau bentuk siaran ke dalam bentuk, digital yang universal (proses ini disebut ripping) untuk lokasi-atau Timeshifting. Hal ini, dikombinasikan dengan internet dan alat berbagi file yang populer, telah membuat distribusi yang tidak sah salinan media hak cipta digital (pembajakan digital disebut) jauh lebih mudah. ​​

Meskipun kontrol teknis pada reproduksi dan penggunaan perangkat lunak telah sebentar-sebentar digunakan sejak tahun 1970-an, istilah 'DRM' telah datang untuk terutama berarti penggunaan langkah-langkah untuk mengontrol konten seni atau sastra. [rujukan?] DRM teknologi memiliki penerbit memungkinkan untuk menegakkan kebijakan akses yang tidak hanya melarang pelanggaran hak cipta, tetapi juga mencegah penggunaan yang adil sah karya cipta, atau bahkan menerapkan batasan penggunaan non-cipta karya-karya yang mereka mendistribusikan, contoh termasuk penempatan DRM pada masyarakat tertentu-domain atau terbuka berlisensi e-buku, atau DRM termasuk dalam perangkat elektronik konsumen bahwa waktu-pergeseran (dan menerapkan DRM untuk) baik hak cipta dan non-hak cipta karya.

DRM ini paling sering digunakan oleh industri hiburan (misalnya film dan rekaman). Banyak toko musik online, seperti iTunes Store Apple, serta banyak e-book penerbit, telah dikenakan DRM pada pelanggan mereka. Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah produsen televisi telah memberlakukan mandat DRM pada perangkat elektronik konsumen, untuk mengontrol akses ke konten bebas-siaran dari acara mereka, sehubungan dengan popularitas waktu-pergeseran sistem perekam video digital seperti TiVo.

Teknologi

DRM dan film



Sebuah contoh awal dari sebuah sistem DRM adalah Content Scrambling System (CSS) yang dipekerjakan oleh Forum DVD pada DVD film sejak ca. 1996. CSS menggunakan algoritma enkripsi sederhana, dan produsen perangkat yang diperlukan untuk menandatangani perjanjian lisensi yang membatasi masuknya fitur, seperti output digital yang dapat digunakan untuk mengekstrak berkualitas tinggi salinan digital film, pemain mereka. Dengan demikian, perangkat keras konsumen hanya mampu decoding film DVD dikontrol, meskipun tidak langsung, oleh Forum DVD, membatasi penggunaan media DVD pada sistem lain sampai rilis DeCSS oleh Jon Lech Johansen pada tahun 1999, yang memungkinkan DVD CSS-dienkripsi untuk bermain dengan benar pada komputer dengan menggunakan Linux, yang Aliansi itu tidak mengatur versi lisensi perangkat lunak CSS bermain.

Microsoft Windows Vista berisi sistem DRM yang disebut Jalan Media Protected, yang berisi Jalur Video Protected (PVP). PVT mencoba untuk menghentikan DRM-terbatas konten dari bermain sedangkan perangkat lunak unsigned berjalan untuk mencegah perangkat lunak unsigned mengakses konten. Selain itu, PVP dapat mengenkripsi informasi selama transmisi ke monitor atau kartu grafis, yang membuatnya lebih sulit untuk membuat rekaman tidak sah
. />

Advanced Access Konten System (AACS) adalah sistem DRM untuk HD DVD dan Blu-Ray Disc dikembangkan oleh AACS Licensing Administrator, LLC (AACS LA), sebuah konsorsium yang mencakup Disney, Intel, Microsoft, Matsushita (Panasonic), Warner Brothers, IBM, Toshiba dan Sony. Pada bulan Desember 2006, sebuah kunci proses diterbitkan di internet oleh hacker, yang memungkinkan akses tak terbatas ke AACS-terbatas konten HD DVD. Setelah tombol retak itu dicabut, kunci lanjut retak dibebaskan

DRM dan televisi
<. / p>

Standar CableCard digunakan oleh penyedia televisi kabel di Amerika Serikat untuk membatasi konten untuk layanan yang pelanggan telah berlangganan.


Konsep broadcast flag dikembangkan oleh Fox Broadcasting pada tahun 2001 dan didukung oleh MPAA dan FCC. Sebuah keputusan Mei 2005 oleh Pengadilan Banding AS menyatakan bahwa FCC tidak memiliki kewenangan untuk menjatuhkan di industri TV di Amerika Serikat. Ini mengharuskan semua HDTV mematuhi spesifikasi aliran menentukan apakah atau tidak sungai dapat direkam. Hal ini dapat memblokir contoh penggunaan yang adil, seperti waktu-pergeseran. Ini mencapai lebih sukses di tempat lain ketika diadopsi oleh Digital Video Broadcasting Project (DVB), sebuah konsorsium dari sekitar 250 lembaga penyiaran, manufaktur, operator jaringan, pengembang software, dan badan pengawas dari sekitar 35 negara yang terlibat dalam upaya untuk mengembangkan standar baru TV digital .



Sebuah varian terbaru dari bendera siaran telah dikembangkan dalam Content Protection dan Manajemen Copy (DVB-CPCM). Hal ini dikembangkan secara pribadi, dan spesifikasi teknis disampaikan kepada pemerintah Eropa pada Maret 2007. Seperti DRM banyak, sistem CPCM dimaksudkan untuk mengontrol penggunaan materi berhak cipta oleh pengguna akhir-, di arah pemegang hak cipta. Menurut Ren Bucholz dari FPD, yang dibayar untuk menjadi anggota konsorsium, "Anda bahkan tidak akan tahu sebelumnya apakah dan bagaimana Anda akan dapat merekam dan memanfaatkan program tertentu atau perangkat". DVB ini mendukung sistem karena akan menyelaraskan kontrol hak cipta pemegang 'di teknologi berbeda dan sehingga membuat segalanya lebih mudah bagi pengguna akhir. Sistem CPCM diharapkan akan disampaikan kepada Telecommunications Standards Institute Eropa pada tahun 2008

DRM dan musik <. br />
Audio CD

Disc dengan skema manajemen hak digital tidak sah standar-compliant Compact Disc (CD), tetapi agak CD-ROM media. Oleh karena itu mereka semua tidak memiliki logotype CD ditemukan pada cakram yang mengikuti standar (dikenal sebagai Buku Merah). Oleh karena CD ini tidak bisa dimainkan pada semua pemain CD. Banyak konsumen juga tidak bisa lagi memutar CD yang dibeli pada komputer mereka. PC yang menjalankan Microsoft Windows kadang-kadang bahkan crash ketika mencoba untuk memutar CD .

Pada tahun 2002, Bertelsmann (yang terdiri BMG, Arista, dan RCA) adalah perusahaan pertama yang menggunakan DRM pada CD audio. [rujukan?] Pada tahun 2005, Sony BMG memperkenalkan teknologi baru DRM yang menginstal perangkat lunak DRM pada komputer pengguna tanpa jelas memberitahu pengguna atau membutuhkan konfirmasi. Antara lain, perangkat lunak yang diinstal termasuk rootkit, yang menciptakan keamanan lain yang parah dapat mengeksploitasi kerentanan. Ketika sifat DRM yang terlibat dibuat publik lama kemudian, Sony awalnya meminimalkan pentingnya kerentanan perangkat lunak yang telah dibuat, namun akhirnya dipaksa untuk menarik kembali jutaan CD, dan merilis beberapa upaya untuk menambal perangkat lunak diam-diam termasuk untuk setidaknya menghapus rootkit. Beberapa gugatan class action diajukan, yang akhirnya diselesaikan oleh perjanjian untuk menyediakan konsumen terpengaruh dengan pembayaran tunai atau download album gratis DRM .



Sony DRM perangkat lunak sebenarnya hanya memiliki kemampuan terbatas untuk mencegah penyalinan, karena hanya mempengaruhi pemutaran pada komputer Windows, bukan pada peralatan lainnya. Bahkan pada platform Windows, pengguna secara teratur dilewati pembatasan. Dan, sementara teknologi Sony DRM menciptakan kerentanan mendasar dalam komputer pelanggan, bagian itu bisa sepele dilewati dengan menekan "shift" kunci sementara memasukkan CD, atau dengan menonaktifkan fitur autorun. Selain itu, track audio hanya bisa dimainkan dan direkam ulang, sehingga benar-benar melewati semua DRM (ini dikenal sebagai lubang analog). Pertama Sony dua upaya merilis sebuah patch yang akan menghapus perangkat lunak DRM dari komputer pengguna 'gagal.

Pada bulan Januari 2007, EMI menghentikan audio yang menerbitkan CD dengan DRM, yang menyatakan bahwa "biaya DRM tidak mengukur sampai hasilnya." Setelah EMI, Sony BMG adalah penerbit terakhir untuk menghapus DRM sepenuhnya, dan CD audio mengandung DRM tidak lagi dirilis oleh empat label rekaman .

Internet music

Banyak toko musik online menggunakan DRM untuk membatasi penggunaan musik yang dibeli dan di-download secara online. Ada banyak pilihan bagi konsumen yang ingin membeli musik digital melalui internet:

The iTunes Store, dijalankan oleh Apple Inc, memungkinkan pengguna untuk membeli secara online lagu untuk $ 0,99 AS. Trek dibeli menggunakan Apple Fairplay DRM sistem. Apple kemudian meluncurkan iTunes Plus, yang menawarkan kualitas yang lebih tinggi DRM-free track untuk harga yang lebih tinggi. Pada tanggal 17 Oktober 2007, iTunes Plus menjadi tersedia dengan harga $ 0,99 biasa, menggantikan non-Plus trek. Pada tanggal 6 Januari 2009 Apple mengumumkan di keynote Macworld Expo perusahaan yang musik iTunes akan tersedia benar-benar bebas DRM pada akhir bulan. Video dijual dan menyewa melalui iTunes, serta perangkat lunak ponsel dijual melalui iTunes App Store untuk iPhone dan iPod touch, terus menggunakan Apple Fairplay DRM untuk menghambat menyalin kasual .



Napster music store, yang menawarkan pendekatan berbasis langganan untuk DRM bersama pembelian permanen. Pengguna layanan berlangganan dapat men-download dan streaming jumlah yang tidak terbatas musik transkode ke Windows Media Audio (WMA), sementara berlangganan layanan. Tapi ketika penyimpangan masa berlangganan, semua musik yang didownload unplayable sampai pengguna memperbaharui nya atau langganan nya. Napster juga biaya pengguna yang ingin menggunakan musik pada perangkat portabel mereka tambahan $ 5 per bulan. Selain itu, Napster memberikan pengguna pilihan untuk membayar tambahan $ 0.99 per track membakarnya ke CD atau untuk lagu untuk tidak pernah berakhir. Musik dibeli melalui Napster dapat diputar pada pemutar membawa logo Microsoft PlaysForSure (yang, terutama, tidak termasuk iPod atau bahkan Zune Microsoft sendiri). Sampai Juni 2009 Napster adalah memberikan DRM free music MP3, yang dapat dimainkan di iPhone dan iPod .



Wal-Mart Download Music, yang lain toko musik online download, biaya $ 0.94 per track untuk semua non-sale download. Semua Wal-Mart, Download Musik dapat dimainkan pada setiap produk PlaysForSure Windows ditandai. Musik tidak bermain di SanDisk Sansa mp3 player, misalnya, tetapi harus disalin ke memori internal pemain. Hal ini tidak dapat dimainkan melalui pemain slot kartu microSD, yang merupakan masalah yang banyak pengguna pengalaman mp3 player .



Sony dioperasikan secara online download musik layanan yang disebut "Connect" yang digunakan milik Sony OpenMG teknologi DRM. Musik yang diunduh dari toko ini (biasanya melalui software Sony SonicStage) hanya dimainkan pada komputer yang menjalankan Windows dan perangkat keras Sony (termasuk PSP dan beberapa Sony Ericsson) .



Kazaa adalah salah satu dari beberapa layanan yang menawarkan model harga berbasis langganan. Namun, musik download dari situs Kazaa adalah DRM yang dilindungi, dan hanya dapat dimainkan pada komputer atau perangkat portable yang menjalankan Windows Media Player, dan hanya selama pelanggan tetap berlangganan Kazaa .

berbagai layanan saat ini tidak dioperasikan, meskipun mereka yang menggunakan sistem DRM yang sama (misalnya beberapa Windows Media Format toko DRM, termasuk Napster, Kazaa dan Yahoo Music) semuanya memberikan lagu yang dapat dimainkan side-by-side melalui program pemain yang sama. Hampir semua toko memerlukan perangkat lunak klien semacam untuk di-download, dan beberapa juga perlu plug-in. Beberapa perguruan tinggi dan universitas, seperti Rensselaer Polytechnic Institute, telah membuat perjanjian dengan pemasok musik internet untuk menyediakan akses berbagai macam (biasanya DRM-terbatas) untuk file musik untuk siswa mereka, menjadi kurang dari popularitas universal, terkadang melakukan pembayaran dari dana fee aktivitas siswa. Salah satu masalah adalah bahwa musik menjadi unplayable setelah meninggalkan sekolah kecuali siswa terus membayar secara individual. Lain adalah bahwa beberapa vendor yang kompatibel dengan pemutar musik portabel yang paling umum, Apple iPod. Review Gowers Kekayaan Intelektual (untuk HMG di Inggris, 141 halaman, 40 + rekomendasi spesifik) telah mengambil catatan dari ketidakcocokan, dan menyarankan (Rekomendasi 812) bahwa ada pengecualian eksplisit menangani adil untuk hak cipta memungkinkan perpustakaan untuk menyalin dan format- pergeseran antara skema DRM, dan selanjutnya memungkinkan pengguna akhir untuk melakukan hal yang sama secara pribadi. Jika diadopsi, beberapa kepahitan yang dapat menurunkan.

Meskipun DRM adalah lazim untuk musik internet, beberapa toko musik online seperti eMusic, Dogmazic, Amazon, dan Beatport, tidak menggunakan DRM meskipun mendorong pengguna untuk menghindari berbagi musik. Pengecer online lain, Xiie.net, yang hanya menjual artis unsigned, mendorong orang untuk berbagi musik yang mereka beli dari situs tersebut, untuk meningkatkan eksposur untuk seniman sendiri. Label besar telah mulai merilis musik lebih online tanpa DRM. Eric Bangeman menunjukkan di Ars Technica bahwa ini adalah karena label rekaman yang "perlahan-lahan mulai menyadari bahwa mereka tidak dapat memiliki musik DRMed dan kontrol penuh atas pasar musik online pada waktu yang sama ... Salah satu cara untuk memutus siklus adalah menjual musik yang dimainkan pada setiap pemain audio digital eMusic tidak. persis seperti itu, dan katalog mereka mengejutkan luas non-DRMed musik memiliki berkubah ke posisi dua musik nomor belakang toko online iTunes Store. " Apple Steve Jobs telah meminta industri musik untuk menghilangkan DRM dalam sebuah surat terbuka berjudul Renungan Music. ITunes store Apple akan mulai menjual DRM-free 256 kbit / s (naik dari 128 kbit / s) AAC music dikodekan dari EMI untuk harga premium (ini sejak kembali ke harga standar). Pada bulan Maret 2007, Musicload.de, salah satu pengecer terbesar di Eropa musik online, mengumumkan posisi mereka keras terhadap DRM. Dalam sebuah surat terbuka, Musicload menyatakan bahwa tiga dari setiap empat panggilan ke layanan dukungan pelanggan telepon mereka adalah sebagai akibat dari frustrasi konsumen dengan DRM .



Komputer games

game komputer kadang-kadang menggunakan teknologi DRM untuk membatasi jumlah sistem permainan dapat diinstal pada dengan mengharuskan otentikasi dengan secara online server. Kebanyakan game dengan pembatasan ini memungkinkan tiga atau lima menginstal, meskipun beberapa memungkinkan instalasi akan 'pulih' ketika permainan di-uninstall. Hal ini tidak hanya membatasi pengguna yang memiliki lebih dari tiga atau lima komputer di rumah mereka (mengingat hak-hak pengembang perangkat lunak memungkinkan mereka untuk membatasi jumlah instalasi), tetapi juga dapat membuktikan menjadi masalah jika pengguna harus tiba-tiba tampil tugas-tugas tertentu seperti upgrade sistem operasi atau reformatting hard drive komputer, tugas yang, tergantung pada bagaimana DRM diimplementasikan, menghitung permainan berikutnya menginstal ulang sebagai instalasi baru, membuat permainan berpotensi dapat digunakan setelah jangka waktu tertentu, bahkan jika itu hanya digunakan pada satu komputer.

Salah satu kegunaan yang menonjol awal secara online berbasis teknologi DRM dalam judul AAA adalah hasil dari keputusan Valve untuk mengikat Half-Life 2 ke platform Steam. Hal ini disambut dengan protes yang cukup besar dari komunitas game dan sejumlah tantangan hukum diajukan, termasuk kelompok konsumen. Dalam beberapa kasus, rumah ritel diminta untuk melampirkan label ke depan kasus permainan jelas menyatakan bahwa koneksi internet diperlukan untuk mengaktifkan permainan. [Rujukan?]


Pada pertengahan 2008, penerbitan Mass Effect menandai dimulainya gelombang judul terutama memanfaatkan otentikasi SecuROM dan uap untuk DRM dan membutuhkan melalui server online. Penggunaan skema DRM di Spore tahun 2008 menjadi bumerang dan ada protes yang cukup besar, sehingga sejumlah besar pengguna mencari versi bajakan sebagai gantinya. Ini Penolakan terhadap SecuROM merupakan faktor signifikan dalam Spore menjadi permainan yang paling bajakan pada tahun 2008.

penerbit utama Banyak terus mengandalkan berbasis online DRM sepanjang paruh akhir tahun 2008 dan awal 2009, termasuk Electronic Arts, Ubisoft dan Atari. Ubisoft memutuskan hubungan dengan kecenderungan untuk menggunakan online DRM pada akhir 2008 dengan merilis Prince of Persia sebagai percobaan untuk "melihat bagaimana orang-orang jujur ​​sebenarnya" mengenai klaim bahwa DRM yang menghasut orang untuk menggunakan salinan bajakan. Meskipun Ubisoft belum mengomentari hasil 'percobaan', sebagian besar judul berikutnya mereka pada tahun 2009 tidak mengandung berbasis online DRM sejak rilis Prince of Persia - contoh menonjol menjadi Anno 1.404 dan Avatar James Cameron: Game memanfaatkan dari versi online dari sistem perlindungan salinan Tages. Sebuah patch resmi sejak itu telah dirilis stripping Anno 1.404 dari DRM. Electronic Arts mengikuti pada bulan Juni 2009 dengan The Sims 3, dengan EA berikutnya dan Olahraga EA judul juga menjadi tanpa DRM secara online
. />
Beberapa yang paling kasus menonjol memanfaatkan secara online teknologi DRM SecuROM termasuk Spore, Bioshock, Mass Effect dan Gears Of War .



E-buku



buku Elektronik dibaca pada komputer pribadi atau pembaca e-book biasanya menggunakan pembatasan DRM untuk membatasi menyalin, mencetak, dan berbagi e-buku. E-buku biasanya terbatas pada sejumlah perangkat membaca dan beberapa e-penerbit mencegah penyalinan atau pencetakan. Beberapa komentator percaya bahwa DRM adalah sesuatu yang membuat E-book kompleks penerbitan.

Dua dari program perangkat lunak yang paling umum digunakan untuk melihat e-buku adalah Adobe Reader dan Microsoft Reader. Setiap program menggunakan pendekatan yang sedikit berbeda untuk DRM. Versi pertama dari Adobe Acrobat e-book Reader untuk memiliki teknologi enkripsi adalah versi 5.05. Pada versi 6.0 kemudian, teknologi pembaca PDF dan pembaca e-book digabungkan, memungkinkan untuk membaca kedua file DRM-terbatas dan tidak dibatasi. Setelah membuka file tersebut, pengguna dapat melihat pernyataan hak, yang menguraikan tindakan yang tersedia untuk dokumen tertentu. Misalnya, untuk pencetakan PDF bebas ditransfer,, menyalin ke clipboard, dan fungsi dasar lainnya yang tersedia untuk pengguna. Namun, saat melihat lebih sangat terbatas e-book, pengguna tidak dapat mencetak pilihan buku, copy atau pasta. Tingkat pembatasan yang ditetapkan oleh lembaga penerbit atau distribusi
. />

Microsoft Reader, yang secara ekslusif membaca e-buku dalam format. Menyala, berisi perangkat lunak sendiri DRM. Di Microsoft Reader ada tiga tingkat yang berbeda dari kontrol akses tergantung pada e-book: disegel e-buku, tertulis e-buku dan pemilik eksklusif e-buku. Sealed e-buku memiliki sedikitnya jumlah pembatasan dan hanya mencegah dokumen dari yang diubah. Oleh karena itu, pembaca tidak bisa mengubah isi buku untuk mengubah akhir cerita, misalnya. Tertulis e-buku adalah tingkat berikutnya dari pembatasan. Setelah membeli dan men-download e-book, Microsoft Reader menempatkan tag ID digital untuk mengidentifikasi pemilik e-book. Oleh karena itu, hal ini menghambat distribusi e-book karena bertuliskan nama pemiliknya sehingga memungkinkan untuk melacak kembali ke salinan asli yang didistribusikan. E-book software menggunakan skema yang sama DRM. Misalnya, Palm Digital Media, sekarang dikenal sebagai eReader, menghubungkan informasi kartu kredit dari pembeli ke copy e-book untuk mencegah distribusi buku-buku .



Bentuk yang paling ketat keamanan yang Microsoft Reader menawarkan disebut pemilik eksklusif e-buku, yang menggunakan teknologi tradisional DRM. Untuk membeli e-book konsumen harus terlebih dahulu membuka Microsoft Reader, yang menjamin bahwa ketika buku tersebut download itu menjadi terkait dengan akun Microsoft Passport komputer. Jadi e-book hanya bisa dibuka dengan komputer dengan yang sudah didownload mencegah penyalinan dan distribusi teks
. />

Amazon. com memiliki salinan yang diperoleh jauh dihapus dari George Orwell 1984 dan Animal Farm dari pelanggan Amazon menyalakan. Commenters telah secara luas menggambarkan tindakan ini sebagai Orwellian, dan telah menyinggung Big Brother dari 1984 Orwell. Setelah permintaan maaf dari CEO Amazon Jeff Bezos, Free Software Foundation telah menulis bahwa ini hanyalah satu lagi contoh kekuatan yang berlebihan Amazon memiliki untuk jarak jauh sensor apa yang orang membaca melalui perangkat lunak, dan menyerukan kepada Amazon untuk membebaskan e-book reader dan menjatuhkan DRM.

DRM dan dokumen

perusahaan manajemen hak digital (DRM E-atau ERM) adalah aplikasi teknologi DRM untuk kontrol akses ke dokumen perusahaan seperti Microsoft Word, PDF, dan file AutoCAD, email, dan web intranet halaman daripada kontrol media konsumen . E-DRM, sekarang lebih sering dirujuk sebagai IRM (Information Rights Management), umumnya ditujukan untuk mencegah penggunaan yang tidak sah (seperti spionase industri atau perusahaan atau tumpah) dari dokumen milik. IRM biasanya terintegrasi dengan perangkat lunak sistem manajemen konten.



DRM telah digunakan oleh organisasi seperti British Library di layanan pengiriman aman elektronik untuk memungkinkan akses di seluruh dunia untuk jumlah besar langka (dan dalam banyak kasus yang unik ) dokumen yang, karena alasan hukum, yang sebelumnya hanya tersedia bagi individu yang berwenang benar-benar mengunjungi pusat dokumen Perpustakaan di Boston Spa di Inggris. [rujukan?]
< br /> Watermarks

watermark digital fitur mengganggu media yang ditambahkan selama produksi atau distribusi. Watermark digital melibatkan data yang bisa dibilang steganographically tertanam dalam data audio atau video

Watermarks dapat digunakan untuk tujuan yang berbeda yang mungkin termasuk:. < / p>

untuk merekam pemilik hak cipta

untuk merekam distributor

untuk merekam rantai distribusi

untuk mengidentifikasi pembeli musik

Watermarks tidak lengkap mekanisme DRM di kanan mereka sendiri, tetapi digunakan sebagai bagian dari sistem untuk Digital Rights Management, seperti membantu memberikan bukti penuntutan untuk jalan murni hukum manajemen hak, bukan pembatasan teknologi langsung. Beberapa program yang digunakan untuk mengedit video dan / atau audio dapat mendistorsi, menghapus, atau mengganggu watermark. Sinyal / modulator-operator kromatografi juga dapat memisahkan watermark dari audio asli atau mendeteksi mereka sebagai gangguan. Penggunaan pemain media pihak ketiga dan program canggih lainnya render watermarking tidak berguna. Selain itu, perbandingan dua salinan terpisah diperoleh audio menggunakan sederhana, rumah-tumbuh algoritma sering dapat mengungkapkan watermark. Metode baru deteksi saat ini sedang diselidiki oleh kedua industri dan non-industri peneliti.

Metadata

Terkadang, metadata termasuk dalam musik yang dibeli yang merekam informasi seperti nama pembeli, informasi rekening, atau alamat email. Informasi ini tidak tertanam dalam audio diputar atau data video, seperti watermark, tetapi tetap terpisah, tetapi dalam berkas atau aliran .



Sebagai contoh, metadata digunakan dalam media yang dibeli dari iTunes Store Apple untuk DRM-gratis serta DRM-terbatas versi musik atau video. Informasi ini dimasukkan sebagai metadata standar MPEG.

Tabel DRM teknologi dan perangkat terkait

Nama

Digunakan Dalam

Tanggal Gunakan

Keterangan

DRM Skema Saat ini di Gunakan

komputer pribadi DRM

Windows Media DRM

Jaringan Video Banyak online Distribusi

1.999 +

WMV DRM dirancang untuk menyediakan pengiriman aman dari konten audio dan / atau video melalui jaringan IP ke PC atau perangkat lain pemutaran sedemikian rupa sehingga distributor dapat mengontrol bagaimana konten yang digunakan .

Fairplay
< / p>

The iTunes Store, iPod

2003 +

file musik Dibeli yang dikodekan sebagai AAC, kemudian dienkripsi dengan format tambahan yang membuat file eksklusif kompatibel dengan iTunes dan iPod. Pada tanggal 6 Januari 2009, Apple mengumumkan bahwa iTunes Store akan mulai menawarkan semua lagu bebas DRM.

Helix & Harmony



Real Networks layanan

2003 + < p>

Sebuah sistem DRM dari Real Networks dimaksudkan untuk menjadi interoperable dengan skema DRM lainnya, khususnya Fairplay. Pada akhirnya hanya digunakan oleh Real Networks.

Orion / EasyLicenser

Enterprise, bisnis, jaringan, keuangan, telekomunikasi dan aplikasi konsumen

2003 +

Pembatasan untuk aplikasi ditulis di Jawa, Net atau. C / C + + di Windows, Linux, Solaris dan Mac


Excel Software

Bisnis, pendidikan, pemerintah dan konsumen aplikasi

2006 +

Perlindungan untuk Mac dan aplikasi Windows, plugin, DLL, multimedia dan dokumen dengan manual dan aktivasi otomatis, percobaan dan lisensi abadi, langganan software, lisensi mengambang dan dinamis, lisensi jaringan mengambang dan pelepasan lisensi pengguna ramah, memulihkan, menangguhkan dan pengiriman fitur otomatis .



Adobe Lindung Streaming

Flash Video / Audio Streaming


2006 +

Media-Streaming yang dienkripsi "on the fly" oleh Flash Media Server (protokol digunakan adalah rtmpe atau rtmps). Selain pemain client dapat diverifikasi melalui "SWF-Verifikasi", untuk memastikan bahwa hanya klien resmi dapat digunakan .



PlayReady

Komputer, Mobile Devices dan Portable

2007 +

PlayReady dirancang untuk mengenkripsi WMA, WMV, AAC, AAC +, AAC + disempurnakan, dan H.263 dan H.264 codec file . PlayReady sebenarnya adalah versi baru dari Windows Media DRM untuk Silverlight. Silverlight 2 berbasis konten online dapat dibatasi dengan menggunakan PlayReady dan diputar ulang melalui Silverlight plug-in. PlayReady dipromosikan oleh Microsoft

perangkat portabel DRM

Janus WMA DRM

Semua PlaysForSure Devices

2004 +

Janus adalah codename untuk versi portabel dari Windows Media DRM dimaksudkan perangkat portable .

< br />

OMA DRM

Diimplementasikan di lebih dari 550 model ponsel . < p>

2004 +

Sebuah sistem DRM diciptakan oleh Open Mobile Alliance untuk mengontrol menyalin nada dering ponsel. Juga digunakan untuk mengontrol akses ke file media, seperti video .

Storage Media DRM
< / p>

VHS Macrovision

Hampir semua Video VHS sampai akhir abad ke-20 < p>

1.984 +

Ketika dubbing tape Macrovision-encoded, a video streaming yang telah melewati VCR perekaman akan menjadi gelap dan kemudian normal kembali secara berkala, kualitas merendahkan. Gambar juga dapat menjadi tidak stabil saat tergelap .



Content-scrambling system (CSS)
< / p>

Beberapa Disc DVD

1.996 +

CSS memanfaatkan, lemah 40-bit stream cipher untuk secara aktif mengenkripsi DVD-Video.

DVD Region Kode

Beberapa Disc DVD

1.996 +

Banyak DVD-Video disc berisi satu atau lebih kode wilayah, menandai wilayah mereka [s] dari dunia di mana pemutaran diperbolehkan. Pembatasan ini memberlakukan segmentasi pasar buatan

ARccOS Perlindungan
<. br /> Beberapa Disc DVD

1997?

Menambahkan sektor korup data ke DVD, mencegah perangkat lunak komputer menerapkan standar komputer dari berhasil membaca media. DVD player mengeksekusi program on-disk yang melompat (korup) sektor ARccOS.

OpenMG

ATRAC perangkat audio (misalnya, MiniDisc pemain), Memory Stick berbasis audio player, AnyMusic layanan distribusi
< br /> 1999 +

Sebuah sistem DRM milik diciptakan dan dipromosikan oleh Sony .



BD +

Blu-ray Disc


2005 +

Sebuah mesin virtual tertanam dalam berwenang Blu-ray player yang menjalankan pemeriksaan keamanan pada pemutaran lingkungan untuk memastikan bahwa hal itu belum diganggu. Hal ini juga melakukan descrambling diperlukan dari stream audio / video pada disc, yang memungkinkan konten yang akan diberikan.

DRM Skema tidak Longer in Gunakan < / p>

Perlindungan Extended Copy

Sony BMG dan CD

2005

Juga dikenal sebagai ' Sony Rootkit '. Meskipun tidak diklasifikasikan sebagai virus oleh banyak anti-virus produsen perangkat lunak, memiliki ciri-ciri virus seperti trojan dan-seperti banyak, rendering itu ilegal di beberapa tempat dan berbahaya bagi komputer yang terinfeksi di seluruh. Sec. Sec.



Inga kommentarer:

Skicka en kommentar